KATA PENGANTAR
Rencana Kerja (Renja) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa tahun 2019 merupakan dokumen sebagai dasar dalam menyusun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintah yang efektif, transparan, akuntabel serta mempunyai orientasi pada hasil yang diharapkan.
Rencana kerja Tahunan ini juga merupakan rencana Tahunan sebagai penjabaran lebih lanjut dari Rencana Strategis (Renstra) yang akan diwujudkan oleh Badan Pendapatan daerah Kabupaten Sumbawa yang berjangka waktu 5(lima) tahun yaitu tahun 2016-2021 . Rencana Kerja (Renja) juga menggambarkan tingkat pencapaian sasaran ataupun tujuan yang akan dicapai pada tahun 2019 sebagai penjabaran dari visi, misi dan strategis. Selain itu Rencana Kerja Tahunan ini memuat berbagai program yang dijabarkan lebih lanjut dalam berbagai macam kegiatan.
Rencana Kerja (Renja) Badan Pendapatan daerah kabupaten Sumbawa juga memuat tentang indikator-indikator kinerja kegiatan berupa masukan(input), keluaran(outputs) dan hasil (outcome) yang secara langsung atau tidak lansung dapat mengidentifikasi sejauh mana keberhasilan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pencapaian sasaran. Sehungga dengan dokumen rencana kerja juga merupakan suatu jembatan yang menghubungkan antara rencana strategis yang telah ditetapkan dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan system pengganggaran.
Sumbawa Besar, Maret 2018
Kepala Badan Pendapatan Daerah
Kabupaten Sumbawa
Drs.H.HASAN BASRI
NIP. 19631228 199003 1 010
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………… 2
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………….. 3
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………………….. 4
I.1 Latar Belakang ………………………………………………………………. ………… 4
I.2 Landasan Hukum ….…………………………………………………………………… 5
I.3 Maksud dan Tujuan …………..…………………………………………………………. 6
I.4 Sistimatika Penulisan …………………………………………………………………… 6
BAB II HASIL EVALUASI RENJA PERANGKAT DAERAH TAHUN LALU …………… 8
II.1 Evaluasi Pelaksanaan Renja Perangkat Daerah Tahun Lalu dan Capaian Renstra Perangkat Daerah ........ 8
II.2 Analisis Kinerja Pelayanan Perangkat Daerah ........................................................10
II.3 Isu-Isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Perangkat Daerah .................55
II.4 Review Terhadap Rancangan Awal RKPD …………………………………………… 56
BAB III TUJUAN DAN SASARAN PERANGKAT DAERAH ........................................ 71
III.1 Telaah Terhadap Kebijakan Nasional ……………………………………………….. 71
III.2 Tujuan dan Sasaran Renja Perangkat Daerah .......................................................72
BAB IV RENCANA KERJA DAN PENDANAAN PERANGKAT DAERAH ................... 76
BAB V PENUTUP …………….…………………………………………………………….. 76
BAB I
PENDAHULUAN
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan,Tata Cara, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan daerah, (SKPD) menyususn Rencana Kerja (Renja) yang mengacu pada Rencana KerjaPembangaunan Daerah (RKPD), Rencana Strategis (Renstra) SKPD, hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan periode sebelumnya, masalah yang dihadapi dan usulan program serta kegiatan yang berasal dari masyarakat, serta merupakan rangkaian dari kesinambungan pelaksanaan RPJP Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah Badan Pendapatan Daerah.
Penyusunan Rencana Kerja Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa mempertimbangkan hasil-hasil yang telah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya, permasalahan, kendala dan penelaahan isu-isu yang berkembang dan akan dihadapi pada pelaksanaan Program kerja dan kegiatan pada Tahun 2019, serta merupakan kegiatan strategis sekretariat dan bidang yang tersusun dalam bentuk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) sebagai implementasi dari rencana strategis Badan Pendapatan daerah Kabupaten Sumbawa periode Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2021.
Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD) Tahun 2019 disusun berdasarkan paradigma nasional serta mengacu pada teknis-teknis yang selaras dengan landasan-landasan yang secara umum menentukan arah konstruksi operasional dan kebijakan Satuan Kerja Perangakat Daerah, dan dijelaskan sebagai berikut:
Penyusunan Rencana Kerja (Renja) 2019 merupakan program kerja tahunan SKPD Badan Pendapatan daerah sebagai pedoman dan arah pelaksanaan program kegiatan serta target kinerja yang harus dicapai yang mengacu kepada visi dan misi SKPD dengan memperhatikan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dan potensi daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan Satuan Kerja Perangkat Daerah.
Penyusunan Rencana Kerja (Renja) 2019 bertujuan untuk merumuskan tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang bersifat strategis dan prioritas yang digali dari isu-isu strategis dan permasalahan dasar dengan memperhitungkan potensi daerah serta memberikan arah dalam perencanaan strategis rencana kerja tahunanSatuan Kerja Perangkat Daerah yang sistimatis, efektif, dan efisien dalam rangka mencapai tujuan perencanaan daerah.
Sistematika penulisan Rencana Kerja (Renja) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2019 sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
BAB II. HASIL EVALUASI PELAKSANAAN RENJA SKPD TAHUN LALU
BAB III. TUJUAN SASARAN PERANGKAT DAERAH
BAB IV. RENCANA KERJA DAN PENDANAAN PERANGKAT DAERAH
BAB V. PENUTUP
BAB II
EVALUSI PELAKSANAAN RENJA SKPD TAHUN LALU
Untuk menganalisis ataupun menilai keberhasilan dan kegagalan suatu unit kerja organisasi dalam melaksanakan misi, tugas dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya, tentu ada tolak ukur atau parameter penilaian yang dalam bahasa akuntabilitas disebut indikator kinerja, yang dapat menggambarkan hasil atau pencapaian hasil secara kuantitatif. Kelompok indikator kinerja tersebut berupa indikator-indikator masukan (input), keluaran (output), hasil (outcome) dan dampak (impact). Oleh karena itu setiap indikator mempunyai karakteristik yang terkait pada tujuan program dan menggambarkan pencapaian hasil, dibatasi pada hal-hal yang vital dan penting bagi pengambilan keputusan, diutamakan pada hal-hal yang perlu mendapat prioritas dan berorientasi pada system pertanggungjawaban yang memperlihatkan hasil dari kegiatan.
Rencana strategis yang telah disusun perlu diukur terhadap program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga dituangkan dalam bentuk satuan yang bisa diukur untuk mengetahui sejauh mana keberhasilannya. Pengukuran tersebut dapat dilaksanakan secara berjenjang yang dijabarkan dalam sasaran tahunan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Pencapaian target kinerja sasaran program dan kegiatan diukur dengan membandingkan realisasi dan perencanaan sasaran yang ingin dicapai pada waktu yang telah ditentukan. Rasio perbandingan dipergunakan untuk menentukan tingkat signifikansi capaian kinerja program dan kegiatan yang menunjukkan rasio efektivitas pelaksanaan program kegiatan terhadap anggaran yang telah ditetapkan.
Dalam Pelaksanaan Rencana Kerja Bapenda tahun 2019 terdiri dari 14 Progran dan 46 Kegiatan, adapun yang menjadi prioritas program dan kegiatan pada Bapenda adalah sebagai berikut :
Tabel 2.1
REKAPITULASI EVALUASI HASIL PELAKSANAAN RENJA DAN PENCAPAIAN RENSTRA S/D TAHUN 2019
KABUPATEN SUMBAWA
Kode |
URUSAN/BID.URUSAN PEMERINTAH DAERAH DAN PROGRAM/KEGIATAN |
INDIKATOR KINERJA PROGRAM (OUTCOMES)/KEGIATAN (OUTPUT) |
Terget Kinerja capaian program (Renstra)Tahun |
Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran kegiatan s/d tahun 2017 |
Target dan Realisasi Kinerja Program dan kegiatan tahun 2018 |
Target Program dan Kegiatan (Renja 2019 ) |
Perkiraan Realisasi capaian target Renstra s/d tahun berjalan |
||||||
Target |
Realisasi |
Tingkat Realisasi (%) |
Realisasi Capaian Program dan Kegiatan S/D TAHUN 2019 |
Tingkat Capaian Realisasi Target Renstra (%) |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8=(7/6) |
9 |
10=(5+7+9) |
11=(10/4) |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
04 |
06 |
|
|
Badan Pendapatan daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
04 |
06 |
01 |
|
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
Meningkatkan Kualitas dan kapasitas layanan administrasi perkantoran |
100% |
20% |
20% |
100% |
20% |
20% |
2 100% |
|
04 |
06 |
01 |
01 |
Penyediaan jasa surat menyurat |
Surat menyurat tersedia |
17.500 |
3500 |
3.600 |
3.600 |
100% |
3600 |
10.700 |
80 |
04 |
06 |
01 |
02 |
Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik |
Jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik tersedia |
180 |
36 |
5 |
5 |
100% |
5 |
46 |
80 |
04 |
06 |
01 |
06 |
Penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional |
Jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/ operasional tersedia |
190 |
38 |
32 |
32 |
100% |
36 |
106 |
80 |
04 |
06 |
01 |
07 |
Penyediaan jasa administrasi keuangan |
Jasa administrasi keuangan yang tersedia |
7.500 |
1.500 |
1.500 |
1.500 |
100% |
1000 |
4.000 |
80 |
04 |
06 |
01 |
08 |
Penyediaan Jasa kebersihan kantor |
Jasa kebersihan kantor tersedia |
5 |
1 |
2 |
2 |
100% |
1 |
4 |
80 |
04 |
06 |
01 |
12 |
Penyediaan komponen instalasi listrik/ penerangan bangunan kantor |
Sarana instalasi listrik yang terpasang |
40 |
8 |
9 |
9 |
100% |
9 |
26 |
80 |
04 |
06 |
01 |
13 |
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
Sarana prasarana kendaraan dinas tersedia |
30 |
- |
6 |
6 |
100% |
2 |
12 |
80 |
04 |
06 |
01 |
17 |
Penyediaan makanan dan minuman |
Makanan dan minuman tersedia |
56 |
12 |
32 |
32 |
100% |
12 |
56 |
80 |
04 |
06 |
01 |
18 |
Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah |
Hasil koordinasi dan konsultasi keluar daerah |
475 |
95 |
36 |
36 |
100% |
30 |
161 |
80 |
04 |
06 |
02 |
|
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur |
Rasio Ketersediaan sarana dan Prasarana Aparatur |
100% |
100% |
100% |
100,00% |
100% |
100% |
100% |
100% |
04 |
06 |
02 |
07 |
Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor |
Perlengkapan gedung kantor yang dibeli |
50 |
10 |
1 |
1 |
100% |
11 |
22 |
80 |
04 |
06 |
02 |
09 |
Pengadaan Peralatan Gedung Kantor |
Peralatan gedung kantor yang di beli |
25 |
5 |
5 |
5 |
100% |
5 |
15 |
80 |
04 |
06 |
02 |
22 |
Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor |
gedung kantor yang dipelihara |
5 |
1 |
1 |
1 |
100% |
1 |
3 |
80 |
04 |
06 |
02 |
24 |
Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas |
Kendaraan dinas/operasional yang dipelihara |
25 |
5 |
5 |
5 |
100% |
5 |
15 |
80 |
04 |
06 |
02 |
28 |
Pemeliharaan Rutin/Berkala peralatan gedung kantor |
Peralatan gedung kantor yang dipelihara |
295 |
59 |
51 |
51 |
100% |
50 |
160 |
80 |
04 |
06 |
02 |
29 |
Pemeliharaan Rutin/Berkala Jembatan Timbang |
Jembatan timbang yang dipelihara |
10 |
- |
- |
- |
100% |
- |
- |
- |
04 |
06 |
02 |
30 |
Pemeliharaan Rutin Pesanggerahan |
Pesanggrahan yang dipelihara |
5 |
- |
- |
- |
100% |
- |
- |
- |
04 |
06 |
05 |
|
Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur |
Meningkatnya Keterampilan Pengelolaan Jembatan Timbang |
100% |
- |
100% |
100% |
100% |
20% |
20% |
20% |
04 |
06 |
05 |
01 |
Pembinaan Petugas Jembatan Timbang |
Petugas jembatan timbang yang terbina |
60 |
12 |
12 |
- |
- |
- |
12 |
80 |
04 |
06 |
06 |
|
Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuang |